TANTANGAN DALAM MENERAPKAN PELAYANAN ADMINISTRASI KE ARAH DIGITALISASI DI INDONESIA


TANTANGAN DALAM MENERAPKAN PELAYANAN ADMINISTRASI
KE ARAH DIGITALISASI DI INDONESIA

sc:http://smkn1-kersana.sch.id/mmjaya/berita/detail/predeksi-teknologi-dan-informasi-digital

    Pelayanan administrasi dari birokrasi pemerintah memang seharusnya menuju ke era digitalisasi bukan hanya semata-mata disaat wabah pandemik covid-19 terus pelayan administrasi pemerintah di desak ke arah di gitalisasi, memang sudah menjadi kewajiban dan keharusan pemerintah dalam melihat tangtangan arus globalisasi teknologi yang begitu cepat dan pesat guna teciptanya pelayanan prima dan optimal itu lah tujuan dari pelayanan publik itu sendiri. Dan memang saya akui pelayanan administrasi pemerintah saat ini penting dilaksanakan secara digital karena memang saat ini kita di hadapkan dengan wabah pandemik covid-19.

    Lalu kita berbicara tantangan apa yang menjadi kendala dalam penerapan pelayanan administrasi secara digital?. Menurut pandangan saya ada beberapa faktor yang menghambat pelayanan publik secara digital di dalam upaya mentanformasi pelayanan administrasi yang sebelumnya konvensional menjadi serba digital, pertama apakah saat ini pembangunan internet dan teknologi merata di seluruh Indonesia?. Apakah di setiap desa plosok negeri merasakan kenikmatan menggunakan jaringan yang sama persis dengan di Ibu kota mereka sendiri baik provinsi dan kabupaten? inilah yang menjadi tantangan bagi pemerintah Indonesia dimana berupaya membuat sebuah sistem pelayanan digital tanpa di imbangi pembangunan teknologi yang merata, bukan kah bila pembangunan teknologi di seluruh Indonesia merata maka dengan mudahlah pelayanan administrasi secara digital itu di implementasikan. Kedua Indonesia merupakan salah satu Negara berkembang masih banyak masyarakatnya berada di garis kemiskinan dan ketidak sejahteraan di tambah SDM(Sumber Daya Manusia) yang rendah cukup banyak dan bahkan masih banyaknya di daerah 3T masyakatnya yang gaptek (gagap teknologi), artinya apa? ini adalah kendala dan tantangan itu sendiri di dalam upaya mentanformasi pelayanan publik secara digital.

    
Dari point diatas atas maka kita dapat memahami apa yang menjadi tantangan kita di dalam mentranformasi pelayanan administrasi ke arah digitalisasi? Sehingga kita tau tantangan itu harus di atasi agar dengan mudah meimplementasikan pelayanan administrasi ke arah digitalisasi. Menurut pandangan saya tantangan itu bisa diatasi oleh pemerintah dan kita bersama, yang pertama pemerintah harus berani untuk mengalokasikan anggaran cukup besar untuk pembangunan jaringan dan teknologi di seluruh Indonesia agar terciptaanya pemerataan pembangunan jaringan dan teknologi, bahkan di pelosok desa sekalipun harus mampu menikmati jaringan internet. Kedua peran pemuda sebagai agent of change beserta pemerintah setempat bahkan kepala desa sekalipun melaksanakan sosialisasi dan kegiatan terkait penggunaan jaringan dan teknologi dalam rangka mewujudkan SDM Indonesia yang memiliki daya saing tinggi di era globalisasi 5.0. Jadi ketika semua itu sudah di bangun maka dengan mudahlah mengimplemtasikan pelayanan administrasi ke arah digitalisasi.

Komentar

Postingan Populer